5 Wisata Museum Paling Populer di Bandung

5 Wisata Museum Paling Populer di Bandung

Berwisata memang tidak selalu melulu pemandangan alam, wahana permainan atau tempat-tempat wisata terpadu. Berwisata juga bisa berarti menikmati peninggalan sejarah, menggali kembali memori perjuangan bangsa Indonesia dan belajar.

Di banyak kota, kita akan dengan mudah menemukan museum, mulai dari museum sejarah, museum pendidikan, dan berbagai museum yang lainnya termasuk juga museum seni. Begitu juga dengan Kota Bandung, ada banyak museum yang bisa kita kunjungi dan datangi untuk menikmati berbagai benda-benda unik yang mengagumkan dan penuh dengan nilai edukasi. Beberapa diantaranya adalah.

Museum Paling Populer Di Bandung

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi museum di Bandung, berikut adalah beberapa yang paling populer dan menarik.

Museum Geologi

Museum Geologi Bandung

Masuk kedalam urutan yang pertama, Museum Geologi merupakan tempat yang patut anda kunjungi jika berada di Bandung. Museum ini buka setiap hari kecuali pada hari hari libur nasional dan pada hari Jumat. Anda bisa berkunjung mulai hari Senin hingga hari Kamis, museum akan dibuka antara 09.00 hingga pukul 15.30. Selain itu, pada hari Sabtu dan hari Minggu museum buka antara 09.00 hingga pukul 13.30.

Pada saat berkunjung, anda tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Selanjutnya, Museum Geologi memiliki berbagai fasilitas pendukung dan juga agenda kegiatan. berbagai hal yang bisa anda nikmati di tempat ini diantaranya adalah, audiovisual geologi yang ditayangkan di sebuah layar lebar, sistem tata surya, geologi Indonesia, fosil manusia purba, berbagai jenis bebatuan, aktifitas gunung berapi di Indonesia, dan berbagai informasi informasi penting lainnya.

Museum Geologi beralamat di, Jalan Diponegoro No. 57 Bandung.

Museum Asia Afrika


Museum Asia Afrika tentu sudah tidak asing di telinga kita karena ini merupakan salah satu museum yang paling terkenal di Bandung dan diabadikan sebagai nama jalan.

Museum Asia Afrika dibangun untuk mengenang event bersejarah dimana pertemuan antara negara Asia dan negara Afrika yang diadakan di Bandung pada zaman dahulu dan tergolong sangat sukses tersebut kemudian menjadi salah satu langkah penting pemerintah Indonesia dalam menempatkan dirinya di percaturan internasional. Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 April 1980 sebagai bagian dari peringatan 25 Tahun Konferensi Asia Afrika.

Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui di tempat ini diantaranya adalah, diorama Konferensi Asia Afrika, dan juga berbagai foto-foto yang menceritakan banyak sejarah. Di museum Asia Afrika juga terdapat perpustakaan yang bisa menjadi tujuan jika mencari referensi seputar konferensi Asia Afrika.

Museum Asia Afrika berada di, Jalan Asia Afrika No. 65 Bandung.

Museum Pos Indonesia

museum pos indonesia

Sebenarnya tidak jauh dari Museum Geologi dan jaraknya hanya beberapa meter saja, kita akan menemukan Museum Pos Indonesia. Museum ini memiliki bangunan yang sangat khas yaitu sebuah bangunan berarsitektur Eropa peninggalan Hindia Belanda.

Ada tiga kategori dari koleksi museum ini yaitu koleksi sejarah, koleksi peralatan dan koleksi filateli. Saat kita berkunjung ke museum ini, tentu saja salah satu pertunjukan yang paling digemari adalah koleksi ribuan perangko dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, anda juga akan menemukan benda-benda pos seperti sepeda onthel Pak Pos, timbangan surat, dan berbagai peralatan pos lainnya yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Museum ini cukup terawat dan patut untuk dikunjungi bagi anda para penggemar benda benda antik seperti perangko jaman dahulu. Museum Pos Indonesia bisa dikunjungi baik secara individu maupun kunjugan rombongan. Museum ini buka pada hari senin – jumat jam 09.00 – 16.00 WIB Hari Sabtu Jam 09.00 – 13.00 WIB

Lokasi museum pos Indonesia berada di, Jalan Cilaki No. 47, Bandung.

Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Museum selanjutnya yang akan kita kunjungi di kota Bandung adalah Museum Wangsit Mandala Siliwangi yang namanya mengingatkan kita pada pendiri Kerajaan Pajajaran pada zaman dahulu yaitu Siliwangi.

Di tempat ini, kita akan menemukan berbagai peralatan dan benda-benda yang digunakan untuk berperang. Diantara benda-benda tersebut antara lain, senjata laras panjang, pistol, berbagai jenis senjata untuk berperang lainnya, pakaian, berbagai peralatan tempur, dll.

Alamat Museum Wangsit Mandala Siliwangi berada di, Jalan Lembong No. 38, Braga, Bandung – Jawa Barat.

Museum Sri Baduga

Apabila anda ingin sedikit mengenal sejarah Kota Bandung, anda bisa datang ke salah satu museum yang juga cukup terkenal dibandung, yaitu, Museum Sri Baduga. Setidaknya terdapat 6.000 koleksi yang tersimpan di museum ini. Diantara koleksi tersebut adalah benda-benda bersejarah, termasuk juga peta wilayah Madura yang dibuat pada tahun 1885, terdapat juga berbagai koleksi lain seperti koleksi kesenian, koleksi cerita perjuangan bangsa Indonesia, Bandung tempo dulu, dan lain-lain.

Alamat Museum Sri Baduga berada di, Jalan BKR No. 185, Bandung.

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar